8 Sitemap Generator Blog Blogger, WordPress (XML & HTML)

Mar 1, 2024, in blog
alat sitemap generator

Tool sitemap generator adalah daftar semua halaman di situs web / blog. Sitemap normalnya menggunakan file XML, yang khusus ditujukan untuk mesin telusur, membantu Googlebot menemukan konten baru dan terkini.

Sitemap juga mengkategorikan konten situs web ke dalam setiap post, halaman, atau jenis konten lain apa pun yang mungkin ada di halaman. Kategorisasi ini membantu robot pencarian memahami struktur situs web dengan lebih baik.

Alat pembuat sitemap adalah perangkat lunak yang membuat peta situs untuk situs web. Setelah kemudian dapat mengirimkan peta situs ke mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas situs agar dapat ditemukan di hasil pencarian google.

Sitemap generator terbaik untuk situs web bergantung pada platform yang digunakan, ukuran, dan kontrol yang diinginkan atas file tersebut.

Misalnya, sadapphone.com adalah situs WordPress, dan kami menggunakan plugin seperti Yoast SEO untuk membuat sitemap dan mengelola seluruh tugas SEO jauh lebih mudah.

Tetapi, Plugin Yoast bukan satu-satunya cara untuk menangani membuat sitemap. Selain itu, Kecuali Anda tidak menggunakan WordPress.

Kami menguji beberapa alat pembuat sitemap selama seminggu. Di bawah ini adalah delapan tool sitemap terbaik yang mencakup semua preferensi yang kami kumpulkan.

Baca juga dong!

Apa yang Harus Diperhatikan Untuk Sitemap Generator?

  • Kemudahan membuat sitemap: Menggunakan tool memang memudahkan, dengan menu navigasi intuitif dan instruksi, pedoman, atau tutorial yang jelas?
  • Penggunaan: Apakah pengguna dengan mudah memahami dan menggunakan alat ini tanpa pengetahuan teknis yang luas?
  • Jenis file sitemap: Apakah mendukung berbagai format seperti XML dan HTML untuk berbagai kasus penggunaan?
  • Batasan jumlah URL: Apakah ada batasan jumlah URL yang dapat ditangani beberapa tool dibawah ini? Apakah itu memenuhi kebutuhan situs web / blog? Apakah ini dapat diskalakan seiring dengan berkembangnya konten di situs?
  • Penyesuaian: Bisakah pengguna menyertakan/mengecualikan URL tertentu, menetapkan prioritas, dan memperbarui frekuensi?
  • Akurasi tool: Apakah ini menghasilkan sitemap yang akurat dan bebas kesalahan pengkodean?
  • Pelaporan hasil: Data apa yang ditampilkan tool ini? Dapatkah pengguna melihat halaman mana yang sedang diindeks, atau halaman mana yang perlu diperbaiki?
  • Langganan layanan: Apakah ia menawarkan paket gratis atau uji coba gratis bagi untuk menguji kemampuannya? Apakah itu sesuai dengan anggaran? Apakah ia menawarkan tingkat harga berbeda yang menawarkan rangkaian fitur sitemap berbeda?

Tool sitemap generator

1. XML-Sitemaps.com (Tool Online)

xml-sitemaps

Tool sitemap generator XML gratis terbaik untuk pemula, cocok buat situs statis.

Biaya: Gratis hingga 500 halaman. $5,99 hingga 1.000 halaman. Harga meningkat sesuai dengan jumlah halaman di situs web.

XML-Sitemaps (atau versi premium bisa kunjungi PRO-Sitemaps ) adalah alat web untuk membuat, menghosting, dan memelihara peta situs.

Paket gratis menyediakan fitur dasar hingga 500 halaman, sedangkan versi Pro menawarkan fitur lanjutan tambahan untuk buat sitemap hingga dua juta halaman.

Fungsi terbaik

Sitemap XML dan Sitemap Pro memiliki antarmuka pengguna yang intuitif. Tool ini juga memiliki fitur pengiriman mesin pencari (saat ini hanya Google) dan memungkinkan untuk download sitemap dalam berbagai format seperti XML, GZ, HTML, TXT, atau CSV.

Kekurangan

Paket gratis tidak menyertakan pembaruan peta situs secara otomatis. Jika menggunakan layanan gratis, pengguna perlu memperbarui peta situs secara manual setiap kali menambahkan halaman baru ke situs web / blog.

Daftar Fitur Utama

  • Mengelola Beberapa situs web: Kelola semua situs web dalam satu akun. Perhatikan bahwa setiap situs web dikenakan biaya secara terpisah.
  • Kirim otomatis: Secara otomatis mengirimkan peta situs ke Google. Alternatif lain dapat upload sitemap secara manual ke Google Search Console.
  • Pembaruan sitemap otomatis: Termasuk dalam paket langganan, fitur ini menjalankan pembaruan otomatis dan mengirimkan sitemap yang diperbarui ke mesin pencari.
  • Deteksi tautan rusak: Tersedia untuk pelanggan berbayar, fitur ini mendeteksi tautan rusak di situs web / blog dan melaporkannya lewat email.
  • Laporan tautan eksternal: Lihat semua tautan yang mengarah ke situs web eksternal dari situs web. Ini membantu mengidentifikasi tautan eksternal yang rusak atau kebutuhan untuk memperbarui referensi. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna premium.
  • Laporan tautan internal: Laporan Tampilan hirarki menunjukkan bagaimana semua halaman situs web ditautkan satu sama lain. Fitur ini hanya tersedia untuk versi premium.
  • Sitemap gambar dan video: Memberi Google metadata mengenai gambar dan video di situs web. Ini dapat membantu Google menemukan gambar yang mungkin tidak ditemukan dengan melakukan crawling,
  • Sitemap berita dan umpan RSS: Tersedia dalam paket premium, fitur ini memberi Google metadata mengenai konten berita spesifik di situs web kamu.

Biaya Langganan

XML-Sitemaps menawarkan dua opsi langganan :

  • Gratis: Buat peta situs (XML, teks, HTML) hingga 500 halaman, dan update secara manual.
  • Kelebihan: Mulai dari $5,99/bulan. Selain fitur gratis, paket ini menawarkan pembaruan peta situs otomatis, konfigurasi lengkap, peta situs gambar dan video, sitemap berita dan umpan RSS, deteksi tautan rusak, laporan riwayat sitemap, laporan tautan URL/eksternal/internal, dan akses API.
  1. https://pro-sitemaps.com/
  2. https://xml-sitemaps.com/
Baca juga dong!

2. Yoast SEO (Plugin WordPress)

yoast sitemap

Terbaik untuk mengelola sitemap XML dengan mudah untuk situs WordPress.

Harga fitur sitemap: Gratis

Plugin Yoast SEO adalah tool SEO lengkap yang mendukung lebih dari 13 juta situs yang menggunakan platform WordPress.

Setelah pengguna mengaktifkan plugin ini, tool generator ini akan secara otomatis membuat dan memperbarui sitemap di web kamu.

Jadi tidak perlu melakukan secara manual apa pun kecuali mengirimkan sitemap awal ke Google Search Console.

Untuk memastikan fungsi peta situs diaktifkan, buka pengaturan Yoast SEO, dan navigasikan API “Sitemap XML” di bagian bawah halaman. Akan melihat tombol “Aktifkan fitur” dan tombol untuk melihat file sitemap berupa XML.

Kelebihan

Fitur ini tersedia gratis dan mudah digunakan. Setelah mengaktifkan plugin Yoast SEO, itu akan menghasilkan sitemap dan terus memperbaruinya setelah itu mengirimkannya ke mesin pencari seperti Bing, dan Google.

Kekurangan

Tidak ada opsi untuk download file sitemap, jika ingin menonaktifkan plugin Yoast, pengguna harus membuat file yang baru.

Daftar Fitur Utama

  • Sitemap generator: Saat mengaktifkan plugin Yoast SEO, maka secara otomatis akan menghasilkan file peta situs berupa XML.
  • Pembaruan otomatis: Kirimkan sitemap XML yang dibuat Yoast ke Google Search Console dan plugin akan secara otomatis memperbaruinya saat menambah, menghapus, atau mengubah konten.
  • Entri peta situs yang disesuaikan: Dapat membatasi jumlah entri sitemap menggunakan kode.
  • Sitemap eksternal: Pengguna dapat menambahkan peta situs eksternal menggunakan filter wpseo_sitemap_index.

Biaya Langganan

Yoast SEO menawarkan tiga paket :

  • Gratis: Gunakan secara gratis selamanya. Mencakup fitur SEO dasar seperti pengoptimalan pada halaman dan pengiriman sitemap XML.
  • Premium: $99/tahun. Menunjukkan kepada tautan rusak dan kesalahan 404. Ini juga menyarankan tautan internal yang terkait dengan konten situs web / blog. selain itu, paket Premium mencakup fitur untuk mengoptimalkan konten untuk menentukan peringkat beberapa kata kunci dan AI untuk menghasilkan judul dan deskripsi meta.
  • Semua plugin Yoast: Mencakup semua fitur Premium, ditambah tool SEO WooCommerce, SEO Situs Berita Yoast, dan SEO video.

https://yoast.com/wordpress/plugins/seo/

Baca juga dong!

3. Sitemap Generator XML untuk Google

sitemap generator xml google

Tool Terbaik untuk menghasilkan sitemap XML dengan konfigurasi lanjutan di website dengan WordPress.

Dibandingkan dengan Yoast dan Rank Math, Sitemap Generator XML Google adalah plugin peta situs yang lebih canggih untuk WordPress, karena dikhususkan untuk sitemap saja tidak untuk yang lain.

Tool plugin memungkinkan pengguna menyesuaikan sitemap dengan memilih fitur dasar dan lanjutan.

Dengan dibekali fitur-fitur canggih, plugin Sitemap Generator XML Google masih mudah digunakan, dengan yang lain untuk website WordPress.

Kelebihan

Sangat mudah digunakan untuk membuat dan terus memperbarui data URL halaman yang dibuat. Plugin ini secara otomatis memperbarui sitemap ketika konten berubah.

Kekurangan

Tool tidak memiliki beberapa kontrol lanjutan seperti pengaturan prioritas perayapan dan penyesuaian sitemap gambar / video.

Daftar Fitur Utama

  • Sitemap multi-format: Hasilkan sitemap XML, HTML, dan RSS untuk berbagai kebutuhan untuk blogger.
  • Cakupan konten: Membuat sitemap halaman, berita, video, HTML, dan RSS untuk pengindeksan komprehensif untuk mesin pencari.
  • Kustomisasi fitur: Mendukung jenis posting dan taksonomi khusus, memastikan semua konten disertakan dengan baik.
  • Pembaruan otomatis: Secara otomatis memberi tahu Google Pencarian untuk konten baru.
  • User-Friendly: Terlepas dari semua fungsi lanjutannya, plugin ini mudah untuk dikonfigurasikan dalam beberapa klik dan tidak memerlukan pengetahuan teknis.

Biaya Berlangganan

Sitemap Generator XML Google adalah plugin WordPress yang sepenuhnya gratis. Dapat menggunakannya secara gratis di situs pribadi atau komersial.

https://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/

4. RankMath (Plugin WordPress)

Plugin WordPress user-friendly terbaik dengan konfigurasi peta situs tingkat lanjut untuk website / blogger.

Seperti halnya dengan plugin Yoast SEO, RankMath merupakan plugin SEO all-in-one freemium dengan lebih dari 2,18 juta pengguna untuk platform WordPress.

Setelah mengaktifkan plugin Rank Math, Pengguna harus mengonfigurasi pengaturan dengan cepat.

Dan itu termasuk pengaturan sitemap juga.

Kelebihan

Tool Rank Math secara otomatis memperbarui sitemap ke mesin pencari. Ditambah lagi, ini gratis untuk digunakan.

Kekurangan

Tidak ada opsi untuk upload sitemap. Jadi jika memutuskan untuk beralih dari Rank Math, pengguna tidak dapat menggunakan sitemap yang sama, yang dapat menimbulkan beberapa masalah yang muncul.

Daftar Fitur Utama

  • Pembuatan sitemap otomatis: Secara otomatis membuat dan memperbarui sitemap XML untuk seluruh situs web / blog.
  • Kontrol terperinci: Pengguna dapat memilih jenis konten mana yang akan disertakan atau dikecualikan dari sitemap. Juga dapat mengatur prioritas dan frekuensi individual untuk setiap halaman berdasarkan kepentingan dan frekuensi pembaruan konten.
  • Beberapa sitemap: Buat peta situs terpisah untuk berbagai jenis konten seperti berita, gambar, dan video. Ini membantu mesin pencari memahami situs web dengan lebih baik.

Biaya Berlangganan

Tool Rankmath menawarkan empat biaya bulanan, termasuk:

  • Gratis: $0 selamanya. Termasuk fungsi dasar SEO dan sitemap.
  • Pro: $5,75.bulan ditagih setiap tahun. Cocok untuk situs blog pribadi tanpa batas.
  • Bisnis: $19,09/bulan ditagih setiap tahun. Versi ini bagus untuk freelance, perusahaan, dan pemilik agensi serta mendukung 100 situs.
  • Agensi: $19,09/bulan ditagih setiap tahun. Opsi bagus untuk pemilik agensi dengan volume tinggi dan mendukung 500 situs web.

Terkait dengan sitemap, versi gratisnya hanya menyertakan fungsionalitas sitemap dasar. Untuk fitur sitemap yang lebih canggih seperti sitemap berita atau video, harus meningkatkan versi ke paket berbayar:

https://wordpress.org/plugins/seo-by-rank-math/

5. Slickplan.com (Tool Online)

Slickplan menawarkan sitemap generator XML gratis dengan fungsionalitas terbatas.

Tool ini termasuk membuat sitemap dasar dan download sebagai file XML. Versi gratis tidak menyimpan proyek secara berkala.

Sementara untuk paket premium menawarkan fungsionalitas sitemap yang lebih canggih dan menghemat waktu untuk memilih halaman prioritas dan diperbarui secara otomatis.

Misalnya, dapat membuat sitemap yang menarik secara visual dan menyesuaikan tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Paket berbayar memungkinkan menambahkan anggota tim dan membiarkan mereka mengerjakan proyek sitemap.

Selain itu, pengguna dapat download sitemap dalam berbagai format, termasuk XML, HTML, TXT, CSV, PDF, dan gambar.

Kelebihan

Tool Slickplan.com untuk pengguna pertama mungkin tidak mudah digunakan. Namun, ini memberikan instruksi yang jelas dan tutorial video singkat di setiap langkah prosesnya.

Kekurangan

Tool ini tidak memiliki opsi templat khusus untuk sitemap yang dapat disesuaikan.

Daftar Fitur Utama

  • Validator sitemap XML: Periksa kesalahan dalam file XML dan validasi sebelum mengirimkannya ke mesin pencari seperti Google atau Bing.
  • Sitemap dapat disesuaikan: Fitur ini tersedia dalam versi berbayar dan uji coba gratis. Ini membuat sitemap yang menarik secara visual dengan menyesuaikan isi halaman dan warna teks. Pengguna dapat menggunakan palet warna khusus atau memilih salah satu dari tema yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Jadwal Konten: Tersedia dalam versi berbayar, fitur ini memungkinkan berkolaborasi dengan tim dalam merencanakan konten baru. Setelah menambahkan halaman baru melalui sitemap generator, Anda dapat menambahkan konten ke halaman menggunakan generator halaman yang cukup baik. Tambahkan teks dan media serta seret dan lepas blok konten.

Biaya Langganan

Slickplan menawarkan sitemap generator XML gratis dan empat paket harga dengan uji coba gratis 14 hari yang menawarkan fitur-fitur canggih didalamnya:

  • Paket Basic: $11,99 / bulan. Termasuk akses untuk satu pengguna dan kemampuan untuk mengelola tiga proyek sekaligus.
  • Paket Pro: $34,99 / bulan. Termasuk akses untuk tiga pengguna dan kemampuan untuk mengelola 10 proyek sekaligus. Paket ini mencakup fitur-fitur canggih seperti pembuat diagram, perencana konten.
  • Paket Team: $69,99 / bulan. Termasuk akses untuk 10 pengguna dan kemampuan untuk mengelola proyek tanpa batas. Paket ini juga mencakup semua fitur canggih yang disediakan.
  • Paket Agensi: $114,99 / bulan. Termasuk akses untuk pengguna tanpa batas dan kemampuan untuk mengelola proyek tanpa batas. Termasuk keseluruhan fitur yang ada.

Semua paket menyertakan fitur penting seperti pembuat sitemap, desain mockup, dan metrik halaman. Semua paket kecuali Basic menawarkan fitur-fitur canggih seperti perencana konten, pembuat diagram, pencitraan merek akun, dan perayap situs lebih cepat.

https://slickplan.com

6. Octopus.do (Tool Online)

Tool terbaik untuk pembuatan sitemap visual dengan cepat.

Dengan tool Octopus.do, pengguna bisa membuat sitemap XML dengan visual untuk halaman saja atau halaman dengan meta tag secara gratis atau dengan harga langganan terjangkau.

Kelebihan

Octopus.do adalah alat efektif untuk merencanakan dan merancang pengalaman pengguna dengan fungsi kolaborator.

Kekurangan

Meskipun tool Octopus.do adalah generator sitemap visual, ia tidak memiliki opsi penyesuaian visual seperti warna, tema, bentuk, dan variasi ikon yang dapat disesuaikan.

Daftar Fitur Utama

  • Pembuat sitemap visual: Drag-and-drop struktur situs web, visualisasikan aliran konten dan navigasi untuk perencanaan yang jelas.
  • Meta Tag SEO: Edit judul, deskripsi, dan kata kunci untuk setiap halaman langsung dalam peta situs untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari Googlebot & Bingbot.
  • Organisasi halaman: Kelompokkan halaman terkait, prioritaskan di masing-masing kelompok halaman, dan identifikasi konten yang tidak ada lagi untuk meningkatkan struktur situs web lebih baik.
  • Dukungan Format: Download sitemap dalam berbagai format seperti XML, PNG, PDF, CSV, dan TXT.
  • Dukungan Kolaborasi: Bagikan sitemap dengan kolaborator tanpa batas dan biarkan mereka mengeditnya. Paket tim juga memungkinkan menambahkan anggota tim tanpa batas ke akun octopus.do.

Biaya Berlangganan

  • Paket Gratis: Gratis selamanya. Terbaik untuk menguji coba. Kelola satu proyek dan dapatkan halaman tak terbatas per sitemap. Anda juga dapat menambahkan kolaborator tanpa batas ke akun. Paket ini hadir dengan crawler terbatas (300 halaman).
  • Paket Pro: $12 / bulan. Terbaik untuk website profesional yang ingin melacak hingga delapan proyek. Pengguna dapat menambahkan kolaborator tanpa batas ke akun. Paket ini hadir dengan halaman tak terbatas per sitemap dan 3.000 halaman.
  • Paket Team: $16 / bulan. Terbaik untuk tim yang mencari rencana untuk mengelola proyek sitemap tanpa batas. Selain kolaborator, paket ini memungkinkan menambahkan anggota tanpa batas.

https://octopus.do

7. Sitebulb (Software)

Sitemap Generator terbaik untuk profesional dan agensi SEO.

Website: https://sitebulb.com/

Sitebulb adalah parayap sitemap dan generator tingkat lanjut. Tool ini mengaudit situs web dan memberi tip yang dapat ditindaklanjuti untuk memperbaiki sitemap dan meningkatkan tingkat pengindeksan.

Kelebihan

Fitur audit situs XML membantu mengidentifikasi ketidakkonsistenan tata letak dan memperbaikinya. Juga menunjukkan URL yang ada di sitemap, tetapi tidak ditemukan di hasil pencarian google.

Kekurangan

Tool ini mungkin memiliki kurva pembelajaran yang sulit bagi orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknis, tidak direkomendasikan.

Daftar Fitur Utama

  • Pengaturan Konfigurasi Sitemap XML: Buat sitemap XML dengan opsi lanjutan. Pengguna dapat memilih sumber perayapan, menetapkan prioritas, mengubah frekuensi perayapan, dan menyertakan gambar.
  • Berbagai sumber perayapan: Merayapi situs Anda menggunakan Sitebulb Crawler, sitemap XML, Google Analytics, dan Google Search Console.
  • Audit sitemap XML: Menunjukkan masalah besar pada sitemap. Misalnya, URL yang ada di peta situs, namun tidak ditemukan di crawl. Atau URL di sitemap yang tidak dapat diindeks. Kemudian dapat meningkatkan tingkat pengindeksan situs web dengan membersihkan sitemap XML dari halaman yang bermasalah.

Biaya Langanan

Tool Sitebulb menawarkan :

  • Paket Lite: $13,50 / bulan untuk satu pengguna. Setiap pengguna dikenakan biaya tambahan $7 / bulan. Termasuk 10.000 URL per audit.
  • Paket Pro: $35 / bulan untuk satu pengguna. Setiap pengguna mendapat tambahan $7 / bulan. Termasuk 500.000 URL per audit.
  • Sitebulb Cloud: $245 / bulan untuk maksimal 30 pengguna. Termasuk hingga 10 juta URL per audit.

8. Creaming Frog (Software Desktop)

Terbaik untuk merayapi dan mengaudit situs web besar, dengan software yang satu ini.

Download: https://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/

Biaya: Tersedia versi gratis. Versi berbayar berharga $259 / tahun (per lisensi).

Software Screaming Frog adalah perayap situs web yang membantu meningkatkan SEO situs web dengan mengaudit masalah umum terkait SEO.

Kelebihan

Merayapi situs web besar (dengan jutaan halaman) sepenuhnya sehingga dapat meninjau faktor teknis SEO. Analisis Screaming Frog memungkinkan mengidentifikasi tautan rusak, judul meta, dan deskripsi serta mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan peringkat situs web / blog.

Kekurangan

Karena ini adalah perangkat lunak yang membutuhkan banyak sumber daya, perangkat lunak ini cenderung memperlambat komputer / laptop saat merayapi situs web besar (karena membutuhkan waktu yang lama).

Daftar Fitur Utama

  • Analisis tautan rusak: Merayapi situs web dan menunjukkan tautan link rusak serta kesalahan server. Kemudian dapat mengekspor kesalahan secara massal dan URL sumber untuk diperbaiki atau mengirimkannya ke developer.
  • Analisis judul dan meta data halaman: Analisis judul halaman dan deskripsi meta situs web. Identifikasi metadata yang terlalu panjang, pendek, hilang, atau duplikasi di seluruh situs dan langsung bisa diperbaiki.
  • Tinjauan robot dan redirect: Lihat URL yang diblokir oleh robots.txt, meta robots, atau arahan X-Robots-Tag seperti ’noindex’ atau ’nofollow’. Pengguna juga dapat melihat kanonikal dan rel=”next” dan rel=”prev”.
  • Jadwal audit: Pengguna dapat menjadwalkan perayapan agar berjalan pada interval yang dapat disesuaikan dan mengekspor data perayapan secara otomatis ke lokasi pilihan, termasuk Google Spreadsheet.

Biaya Langganan

Tool Screaming Frog menawarkan dua paket saja :

  • Gratis: Batas perayapan—500 URL. Termasuk kemampuan perayapan dasar
  • Berbayar: $225-$259/lisensi* per tahun. Perayapan tanpa batas. Mencakup fitur yang lebih canggih seperti penjadwalan, konfigurasi perayapan, menyimpan perayapan dan upload ulang, perbandingan perayapan, perenderan JavaScript, dan banyak lagi.

https://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/

Siap Memilih Tool Sitemap Generator?

Berikut adalah 3 pilihan teratas kami sarankan:

  • Sitemap XML: Terbaik untuk membuat peta situs dan upload dalam format apa pun yang mungkin di perlukan untuk blogger / blogspot.
  • Yoast SEO: Plugin WordPress terbaik untuk mengelola peta situs dengan mudah. Tidak diperlukan pengetahuan teknis.
  • Sitebulb: Terbaik untuk tim SEO yang paham teknologi dan memprioritaskan pembuatan sitemap yang sangat dapat di konfigurasi.

Mencari info lebih lanjut tentang sitemap atau artikel lain? Baca seluruh ulasan tentang teknologi mendalam kami yang menjelaskan semuanya secara menyeluruh.

Terima Kasih.

Related Posts