9 Sitemap Generator Terbaik: Optimasi SEO

Mar 1, 2024, in blog
sitemap generator

Jika mencari generator sitemap gratis, sudah mampir di tempat yang tepat! Dalam panduan praktis dari sadapphone.com, kami membagikan beberapa alat untuk pembuat sitemap untuk situs web / blog dan menjelaskan nilai sitemap untuk hasil pencarian secara keseluruhan.

Apa itu sitemap?

Dalam bahasa indonesia Peta situs, adalah membuat daftar dengan mencantumkan semua URL di situs web, merupakan bagian integral dari desain situs dan proses pengoptimalan mesin pencarian (SEO).

Keberadaan sitemap sangat penting bagi PageRank karena peta situs memberi tahu Googlebot dan Bingbot pencarian untuk membaca setiap halaman baru bahkan webpage yang sudah dihapus.

Tanpa metode seperti itu, yang biasanya dibuat dalam format XML, HTML, atau CSV, website mungkin tidak akan pernah mendapatkan perhatian secara khusus, dengan peta situs sangat dibutuhkan agar muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) secara cepat.

Baca juga dong!

Mengapa Sitemap Penting Untuk Web / Blog?

Sitemap sangat diperlukan untuk situs web karena beberapa alasan:

Peningkatan Search Engine Optimization (SEO): sitemap memberi mesin pencari sebuah data terbaru dari URL dari semua halaman di situs web. Cara ini memastikan bahwa mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah menemukan dan mengindeks semua halaman, bahkan halaman yang mungkin tidak ditemukan selama proses perayapan standar dari masing-masing pencarian. Pengindeksan yang lebih baik secara langsung berkontribusi terhadap visibilitas situs web dalam hasil pencarian.

Pencarian Konten Lebih Cepat: Saat konten baru ditambahkan ke situs web, sitemap akan membantu mesin pencari menambahkan dan mengindeks konten tersebut dengan cepat. Hal ini sangat penting terutama untuk blog yang sering memperbarui atau menambahkan halaman baru, memastikan bahwa konten yang baru rilis dapat diakses oleh pengguna melalui mesin pencari tanpa nunggu antrean.

Struktur Situs Web yang Lebih Baik: sitemap menawarkan daftar struktur situs web, menyoroti bagaimana halaman saling terkait dan terorganisir dengan baik. Hal ini bermanfaat tidak hanya bagi mesin pencari tetapi juga bagi pengelola situs web untuk menjaga struktur situs tidak kacau, mengidentifikasi kesenjangan atau kesalahan dalam arsitektur situs, dan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik: Untuk situs web besar, sitemap dapat menjadi alat yang berguna bagi pengguna untuk navigasi dan memahami tata letak situs web secara komprehensif. Meskipun dirancang khusus untuk mesin telusur, peta situs yang dapat dilihat pengguna dapat membantu pengunjung menemukan informasi lebih cepat, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Identifikasi Kesalahan: sitemap juga membantu mengidentifikasi kesalahan seperti tautan rusak atau halaman yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari. Dengan memantau sitemap secara rutin, webmaster dapat secara proaktif memperbaiki masalah ini, menjaga kesehatan situs, dan memastikan pengalaman pengguna.

Sitemap adalah aspek penting dalam menjaga web / blog yang sehat dan mudah diakses. Mereka membantu pengindeksan yang lebih baik dan penemuan konten yang lebih cepat oleh mesin pencari, meningkatkan organisasi situs, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membantu dalam deteksi dan penyelesaian kesalahan, secara tepat.

Cara Membuat Sitemap HTML XML?

Karena penting bagi web untuk memiliki sitemap, pengguna awam mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya, bukan? Ada beberapa metode cara untuk membuat peta situs.

Pertama, dapat melakukannya secara manual, yang tidak akan kami bahas di sini, atau dapat menggunakan alat pembuat sitemap otomatis.

Ada banyak tool sitemap generator online gratis yang dapat dipilih sehingga mungkin tidak tahu harus menggunakan yang mana.

Kami telah melakukan review untuk pengunjung situs sadapphone.com dan telah menyusun daftar sembilan generator sitemap gratis terbaik di web.

Baca juga dong!

9 Sitemap Generator Gratis Terbaik

Catatan: Beberapa sistem pengelolaan konten (CMS) secara otomatis membuat peta situs untuk situs baru. Jadi, mungkin tidak perlu menggunakan generator sitemap.

Karena sitemap sebagian besar terdiri dari URL dan kode, membuatnya secara manual merupakan tantangan dan rentan terhadap kesalahan coding, terutama untuk situs web yang besar.

Untungnya, beberapa generator sitemap terbaik dapat digunakan secara gratis. Kedengarannya menarik? Jangan biarkan kata “mudah” menghentikan menggunakannya untuk membuat file sitemap secara manual.

Bahkan pengembang web paling terampil pun menggunakan generator sitemap ini untuk menghemat waktu.

Berikut adalah sembilan sitemap generator terbaik yang kami temukan (dan gunakan), tercantum tanpa urutan tertentu.

1. XML-Sitemaps.com

Sitemap generator yang versi gratis dan Pro berbayar ini bisa dibilang paling sering dijadikan referensi. Alat gratis ini dapat digunakan untuk membuat file peta situs XML gratis hingga 500 URL.

Selain itu, pengguna perlu mendaftar untuk paket berbayar, dikenakan biaya $4,19 per bulan.

Tool XML-Sitemaps juga memiliki fitur SEO lainnya, termasuk pemeriksa halaman SERP, validator sitemap, kalkulator kepadatan kata kunci, dan analisis pesaing. Tidak diperlukan registrasi dan mendapatkan sitemap yang siap didownload.

https://www.xml-sitemaps.com

2. Sitemap Generator XML - Screaming Frog

Screaming Frog memiliki sitemap generator XML yang dapat diunduh gratis dan digunakan hingga 500 URL. Jika situs web memiliki lebih banyak halaman, perlu membeli lisensi SEO Spider seharga $259 per tahun.

https://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/

3. Sitemap Generator Inspyder

Tool sitemap Inspyder memiliki versi uji coba gratis hingga 25 halaman. Jika tidak, harus membeli biaya satu kali sebesar $39,95 untuk download dan menginstall di desktop / laptop.

Inspyder juga menawarkan alat analisis situs web gratis, seperti HTTP Header Viewer, HTML/URL Encoder, dan Sitemap Validator (untuk memeriksa kesalahan pada sitemap XML).

https://www.inspyder.com/

4. FlowMap

Alat sitemap gratis ini memungkinkan membuat representasi visual struktur peta situs yang juga dapat di download dalam file XML. Selain itu, pengguna dapat mengundang rekan tim untuk merencanakan, berkolaborasi, dan mengatur dari dalam aplikasi berbasis web. Anda dapat dengan cepat membuat perubahan pada sitemap visual dengan fitur drag-and-drop yang sangat intuitif.

Alat Flowmapp gratis ditujukan untuk satu proyek aktif, 50 halaman, dan ruang 100MB. Opsi berbayarnya memungkinkan perayapan halaman tanpa batas, dengan harga berkisar antara $11 hingga $120 per bulan.

https://www.flowmapp.com/

5. Slickplan

Slickplan memiliki antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan untuk generator sitemap gratis, yang terbatas pada satu peta situs dan satu pengguna.

Cukup daftar untuk uji coba gratis 14 hari di situs web, tidak diperlukan kartu kredit. Jika ingin akses tak terbatas ke semua fiturnya, termasuk perencana konten dan pembuat diagram, akan dikenakan biaya $10,79 hingga $103,49 per bulan, tergantung pada jumlah pengguna, proyek aktif, dan ruang penyimpanan.

https://slickplan.com/sitemap

6. Gloomaps

Aplikasi ini memungkinkan membuat sitemap visual secara gratis hanya dengan beberapa klik. Daftar halaman yang dibuat di situsnya akan tersedia online selama 14 hari kecuali jika ditinjau kembali, yang akan memperpanjang validitas selama 14 hari setiap saat.

Setelah selesai, dapat menyimpan sitemap ke komputer dalam format XML, PNG, atau PDF.

https://www.gloomaps.com/

7. WriteMap

WriteMaps adalah alat sitemap visual yang memungkinkan membuat sitemap secara gratis hingga 50 halaman, dengan batas tiga sitemap. Selain itu, Anda harus berlangganan paket berbayar, yang dimulai dari $16 per bulan.

Anda dapat mengekspor sitemap visual dan membagikan URL unik dengan tim untuk mendapatkan masukan.

https://writemaps.com

8. SEO Yoast (Plugin WordPress)

Yoast SEO mungkin adalah plugin WordPress gratis paling populer untuk SEO dasar dan merupakan alat pilihan untuk memasukkan sitemap XML.

Plugin ini memiliki versi premium dengan biaya $99 per tahun. Yoast SEO dikemas dengan banyak fitur SEO, seperti tag meta otomatis dan URL kanonik, templating untuk judul dan deskripsi meta, dan integrasi dengan Schema.org (repositori bahasa markup skema untuk webmaster).

https://yoast.com/wordpress/plugins/seo/

9. Google Sitemap Generator XML (Plugin WordPress)

Pengguna WordPress pasti mengetahui plugin Google XML Sitemaps dengan sangat baik, bukan hanya karena sitemap diperlukan tetapi karena alat gratis ini sangat mudah digunakan.

Tool ini juga menghasilkan sitemap HTML dan memiliki lebih dari 2.000 ulasan bintang lima untuk plugin ini di wordpress.org.

https://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/

Apakah Google Memiliki Sitemap Generator?

Google dulu memiliki alat sumber terbuka sendiri yang disebut Google Sitemap Generator, yang diuji beta pada tahun 2009.

Alat ini dirancang untuk membuat sitemap XML, sitemap seluler, dan sitemap pencarian kode. Namun, perusahaan kemudian mengumumkan bahwa mereka tidak lagi melanjutkan rencananya untuk jangka pendek. Untuk saat ini, pemilik dan pengembang situs web dapat menggunakan salah satu sitemap generator terbaik yang tercantum di atas.

pembuatan sitemap manual bisa menjadi proses yang menakutkan, namun semuanya akan lancar jika memiliki alat yang tepat. Kabar baiknya adalah banyak sitemap generator yang tidak dikenai biaya.

Jika memerlukan bantuan dengan sitemap atau memiliki pertanyaan teknis umum tentang SEO, hubungi kami.

Tim kami siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk mengoptimalkan situs dan menjadikannya peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Related Posts