7+ Aplikasi Android Ubah Suara Ke Teks / Tulisan

Sep 16, 2023, in blog
merubah suara ke teks android

Berikut adalah beberapa cara merubah suara ke teks gratis terbaik untuk Android, daftar aplikasi untuk mempermudah konversi setiap ucapan dengan cepat yang memungkinkan menulis teks dengan mendikte setiap ucapan.

Daftar aplikasi yang fitur yang sangat berguna bagi penyandang disabilitas yang tidak dapat mengetik teks. Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memahami berbagai bahasa. Beberapa bahasa yang dapat dipahami oleh aplikasi ini adalah Inggris, Hindi, Belanda, Prancis, Spanyol, Cina, Indonesia dan banyak lagi.

Setelah konversi ucapan menjadi teks, Anda dapat mengedit dan menyimpan file teks ke folder download dengan satu klik. Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur tanda baca untuk memperbaiki kesalahan tanda baca yang dilakukan oleh aplikasi selama proses konversi.

Proses untuk mengubah ucapan menjadi teks cukup sederhana dari semua aplikasi ini. Namun, untuk membantu pengguna pemula, saya telah menyertakan langkah-langkah konversi yang diperlukan dalam penjelasan singkat dari setiap aplikasi.

Dalam aplikasi ini, Anda juga mendapatkan banyak alat tambahan yang dapat digunakan untuk membuat cadangan, menyisipkan gambar, mengonversi teks menjadi ucapan, dll. Cek daftar untuk mengetahui lebih banyak tentang aplikasi dibawah ini.

Aplikasi Ubah Ucapan ke Tulisan Untuk Android:

Beberapa aplikasi dibawah adalah favorit yang sering saya gunakan, karena dapat dengan mudah mengubah suara dari bahasa apa pun menjadi teks. Selain itu, ia juga menawarkan alat untuk membuat catatan, mengedit, menyisipkan gambar, dan banyak lagi.

1. Voice Texter

aplikasi voice texter

Voice Texter adalah aplikasi mengubah suara ke teks gratis untuk Android. Dengan aplikasi ini, dapat menulis catatan dan blog dengan menggunakan suara.

Untuk mengubah ucapan menjadi teks menggunakan layanan penerjemah Google. Layanan ini memahami lebih dari 110 bahasa dan mengubahnya menjadi teks dengan mudah.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi lain, aplikasi ini dapat bekerja tanpa terhubung ke internet. Meskipun demikian, tapi perlu download paket bahasa sebelum menggunakannya dalam mode offline. Sekarang, lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi teks menggunakan aplikasi ini.

Cara mengubah ucapan menjadi tulisan dengan Voice Texter:

  • Buka aplikasi ini dan ketuk tombol Add untuk membuat catatan baru.
  • Setelah itu, tentukan judul catatan, lalu tekan tombol Mikrofon untuk memulai ubah suara ke tulisan.
  • Sesuai dengan ucapan yang, aplikasi ini akan secara otomatis mengubah dan menuliskan suara ke dalam bentuk teks pada catatan yang dibuat.

Fitur lain:

  • Menu Tanda Baca : Aplikasi ini juga menyediakan panel tanda baca untuk menambahkan titik, koma, tanda tanya, dll. secara manual, jika kalimat selanjutnya gagal berjalan dengan semestinya.
  • Tambah Gambar dan URL : Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar dan tautan situs web.
  • Pencadangan dan Pemulihan : Pengguna juga dapat membuat cadangan semua catatan, apabila data terhapus secara tidak sengaja.

Kesimpulan:

Salah satu aplikasi merubah ucapan ke teks terbaik secara gratis untuk Android yang dapat digunakan siapa saja untuk menulis catatan dengan cepat dengan suara yang diucapkan.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mrlabs.voicetexter

2. Voice to Text Text to Voice

aplikasi voice to text text to voice

Voice to text text to voice adalah aplikasi ucapan ke teks gratis lainnya untuk Android. Melalui aplikasi ini, dapat mengubah suara yang diucapkan menjadi teks secara real-time.

Seperti kebanyakan aplikasi lain, yang menggunakan layanan Google untuk melakukan konversi. Selain dapat merubah omongan ke teks, dan sebaliknya juga mampu mengubah kembali teks menjadi suara. Pada menu, juga dapat menemukan berbagai tanda baca dan tombol pintasan (koma, titik, huruf besar, huruf kecil, dll.) yang dapat digunakan untuk mengedit teks.

Selain bahasa Inggris, ini juga dapat mengubah ucapan dari berbagai bahasa menjadi teks termasuk bahasa Indonesia. Salah satu fitur terpenting yang dimiliki aplikasi ini adalah mode Offline yang memungkinkan pengguna melakukan konversi ucapan ke tulisan tanpa adanya akses data internet. Sekarang, lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi teks melalui aplikasi ini.

Cara mengubah suara menjadi teks: Voice to Text Text to Voice:

  • Buka aplikasi ini dan ketuk notepad.
  • Setelah itu, ketuk tombol mikrofon dan mulai berbicara.
  • Secara real-time, aplikasi ini akan mentranskripsikan dan menampilkan teks pada tampilan beranda.
  • Terakhir, ketuk ikon simpan / save untuk menyimpan teks secara lokal.

Fitur lain:

  • Alat Teks ke Ucapan : Karena aplikasi ini juga dapat mengonversi teks menjadi ucapan, maka aplikasi ini juga menawarkan alat untuk menyesuaikan parameter ucapan seperti volume ucapan, nada ucapan, dll.

Kesimpulan:

Aplikasi mengubah suara ke teks bagus lainnya yang dapat dengan mudah mengubah setiap kata yang diucapkan menjadi teks.

https://vttv-apps.firebaseapp.com

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jesusrojo.voztextotextovoz

3. Voice to text by maruar

voice to text by maruar

Voice to text by maruar adalah metode lain yang dapat merubah suara ke teks gratis lainnya untuk Android, dengan menyediakan fitur yang berkelanjutan sehingga Anda dapat menulis catatan panjang dengan mendiktekan ucapan.

Secara default, aplikasi ini di konfigurasi untuk memahami dan mengubah ucapan bahasa Inggris menjadi teks. Meskipun demikian, Anda dapat dengan mudah mengubah pada menu bahasa.

Setelah konversi ucapan menjadi teks, Anda masih dapat melakukan modifikasi pada teks keluaran dengan menggunakan simbol dan angka. Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah untuk mulai mengubah ucapan menjadi teks melalui aplikasi ini.

Cara konversi ucapan menjadi tulisan menggunakan Voice to text by maruar:

  • Buka antarmuka aplikasi dan beri judul pada bidang atas.
  • Setelah itu, tekan ikon mikrofon dan mulailah mengucapkan sesuatu.
  • Sekarang, aplikasi ini akan memahami dan mengubah setiap kata yang disuarakan menjadi teks secara real-time yang dapat lihat melalui notepad.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengedit teks menggunakan beberapa simbol.
  • Terakhir, buka menu tiga titik dan ketuk tombol Ekspor ke Teks untuk menyimpan teks secara lokal.

Fitur lain:

  • Kamus: Fitur unik lain dapat menambahkan lebih banyak kata sehingga aplikasi ini dapat dengan mudah memahami dari kata yang sedang diucapkan.
  • Daftar Catata : Di bagian ini, Anda dapat melihat semua hasil yang pernah dibuat oleh aplikasi ini.

Kesimpulan:

voice to text by maruar adalah aplikasi ucapan ke teks yang sederhana namun sangat mumpuni untuk Android yang dapat digunakan siapa saja dengan mudah.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.maruar.voicetotext

4. Speech To Text By Xeom Apps

speech to text by xeom

Speech To Text adalah satu lagi aplikasi ucapan ke teks gratis untuk Android. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu menulis teks dengan suara dengan teknologi AI, dengan menggunakan fitur unik, yang dapat mengirimkan hasil data teks dari proses suara yang dibuat ke orang lain.

Aplikasi ini melakukan konversi secara real-time yang dapat Anda lihat di antarmuka. Selain bahasa Inggris, ini juga mendukung bahasa lain seperti Inggris, Cina, Belanda, Italia, Indonesia, dan banyak lagi.

Selain itu, ia juga menawarkan fitur khusus untuk mengubah teks menjadi ucapan. Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi teks melalui aplikasi ini.

Cara mengubah ucapan menjadi tulisan menggunakan Speech To Text:

  • Buka aplikasi dan buka bagian Speech to text.
  • Sekarang, ketuk tombol Mikrofon dan mulailah berbicara untuk menulis teks, setiap data akan diproses secara real-time.
  • Setelah itu, Anda dapat mengedit teks dan menyimpan teks secara lokal dengan menekan ikon Simpan.

Fitur lain:

  • Text to Speech: Adalah aplikasi khusus untuk mengubah teks tertulis menjadi ucapan. Selain itu, alat penyesuaian ucapan seperti volume ucapan, nada bicara, dll., juga ada dalam satu paket.

Kesimpulan:

Speech to text adalah aplikasi ucapan ke teks lain yang mampu untuk Android yang dapat Anda gunakan untuk melakukan konversi ucapan ke tulisan dan sebaliknya.

5. Speechnotes

aplikasi speechnotes

Speechnotes adalah aplikasi untuk merubah suara ke teks gratis lainnya yang dapat digunakan untuk Android. Melalui aplikasi ini, dapat dengan mudah mengubah setiap ucapan dari berbagai bahasa menjadi sebuah tulisan.

Speechnotes mendukung lebih dari 100 multi bahasa. Beberapa bahasa yang didukung adalah Inggris, Espanol, Filipina, Indonesia, dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga menawarkan beberapa pintasan khusus untuk menambahkan simbol dan emoji ke teks. Meskipun demikian, fitur tersebut diperuntukkan bagi pengguna premium.

Keyboard tanda baca khusus untuk menambah dan mengedit tanda baca pada teks juga disediakan olehnya. Sekarang, lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi tulisan menggunakan aplikasi.

Cara mengubah ucapan menjadi teks menggunakan Speechnotes:

  • Buka aplikasi ini dan pilih bahasa ucapan dari bagian Bahasa.
  • Setelah itu, buat catatan baru dan ketuk ikon Mikrofon untuk memulai konversi suara ke teks.
  • Juga dapat mengedit teks yang dihasilkan oleh aplikasi ini secara manual menggunakan keyboard bawaan aplikasi.
  • Terakhir, ketuk ikon Save untuk menyimpan hasil proses dari suara ke teks.

Fitur lain:

  • Sebagian besar fitur aplikasi ini seperti mengekspor file, mencetak teks, simbol, dll, terkunci. Untuk menghilangkan semua batasan, Anda perlu membeli versi premium aplikasi ini.

Kesimpulan:

Speechnotes adalah aplikasi ucapan ke teks lain yang mumpuni untuk Android yang dapat digunakan untuk setiap pengguna Android, dengan cepat mengubah suara yang menjadi teks yang dapat diedit secara langsung.

https://speechnotes.co

https://play.google.com/store/apps/details?id=co.speechnotes.speechnotes

6. Speech Texter

aplikasi speech texter

Speech Texter adalah aplikasi suara ke teks gratis lainnya untuk pengguna Android, adalah aplikasi bagus lain yang dapat digunakan untuk mengubah ucapan yang menjadi tulisan secara real-time.

Aplikasi ini mendukung banyak bahasa yang memungkinkan pengguna untuk mengubah ucapan dari berbagai bahasa (Indonesia, Inggris, Prancis, Belanda, Cina, dll.) menjadi teks.

Setelah konversi, Anda dapat mengedit teks yang dihasilkan secara manual dan menyalin ke clipboard. Plus, opsi untuk menyimpan teks dalam bentuk file .txt yang dapat dilihat di file manager. Sekarang, lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi tulisan melalui aplikasi Speech texter.

Cara mengubah ucapan menjadi teks menggunakan Speech Texter:

  • Buka aplikasi ini dan buka catatan baru.
  • Setelah itu, ketuk ikon mikrofon dan mulai berbicara.
  • Segera setelah Anda mulai berbicara, ia mengubah setiap kata menjadi teks yang dapat Anda lihat di tampilan.
  • Setelah itu, Anda dapat mengedit dan menyalin teks apabila ada kesalahan.

Fitur lain:

  • Kamus : Memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak kata dan tanda baca untuk aplikasi speech texter.

Kesimpulan:

Speech texter adalah aplikasi ucapan ke tulisan yang mudah digunakan untuk Android, yang dapat digunakan oleh setiap pengguna Android tanpa rumit.

https://www.speechtexter.com

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.speechtexter.speechtexter

7. Voice Notepad

Voice Notepad adalah satu lagi aplikasi ubah suara ke teks gratis untuk Android, ini adalah aplikasi konversi ucapan ke tulisan sederhana di mana Anda dapat menulis catatan atau puisi dengan mendiktekan setiap kata-kata.

Mirip dengan aplikasi lain, aplikasi ini juga dapat memahami ucapan berbagai bahasa seperti Inggris, Indonesia, Spanyol, India, Prancis, Cina, Belanda, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menggunakannya fungsi sebagai aplikasi notepad standar karena memungkinkan untuk menulis catatan dengan menggunakan keyboard. Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengubah ucapan menjadi tulisan menggunakan Voice Notepad:

  • Buka aplikasi ini dan klik ikon Tambah untuk membuka menu opsi.
  • Setelah itu, pilih ikon Mikrofon dari menu lalu, tentukan bahasa.
  • Sekarang, ketuk ikon Mikrofon dan mulai bicara.
  • Setelah konversi, Anda dapat mengedit teks yang di konversi secara manual dan menyimpannya secara lokal ke perangkat.

Fitur lain:

  • Terjemahan Teks : Dengan menggunakannya, Anda dapat menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.
  • Theme: Fitur ini memungkinkan Anda menyesuaikan warna latar belakang dan teks yang dapat disesuaikan.

Kekurangan:

  • Aplikasi ini menampilkan iklan di antarmuka. Untuk menghapus iklan, perlu membeli versi premium.

Kesimpulan:

Voice Notepad adalah aplikasi ucapan ke tulisan yang memiliki fitur lain yang mendukung menerjemahkan bahasa dari hasil teks.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobilenotepadapps.voice.notepad.speech.to.text.notes

8. Speak to Text

Speak to Text adalah aplikasi ucapan ke teks gratis berikutnya untuk Android, ini adalah salah satu aplikasi ucapan ke teks paling sederhana yang menggunakan layanan Google untuk melakukan konversi suara ke teks.

Aplikasi dapat dengan mudah mengubah setiap ucapan dari teks dalam berbagai bahasa (Inggris, Indonesia, Cina, Belanda, Prancis, dan banyak lagi.).

Setelah pidato konversi, dapat menyalin teks dan juga mengedit teks jika Anda mau. Sekarang, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah ucapan menjadi teks melalui aplikasi ini.

Cara konversi suara menjadi teks menggunakan Speak to Text:

  • Buka aplikasi dan mulai.
  • Setelah itu, tekan tombol dan ucapan agar aplikasi ini dapat memproses dan mengubahnya menjadi teks, dengan klik tombol ikon Mikrofon untuk memulai mengucapkan sepatah kata, untuk uji coba.
  • Sekarang, Anda dapat melihat teks pada tampilan antarmuka yang dapat diedit secara manual.

Kesimpulan:

Speak to Text adalah aplikasi merubah ucapan ke tulisan lain yang mudah digunakan untuk Android yang dapat digunakan secara gratis dengan mudah.

https://play.google.com/store/apps/details?id=dev.shahzadshah.speach.totext.app

Related Posts